Analisa SWOT dengan hasil Matrik SWOT

Bisnis yang akan dianalisa adalah bisnis kurir atau ekspedisi, bisnis ekspedisi ini untuk sekarang hanya beroperasi dalam sistem pengantaran instan dan same-day, kedepannya mungkin saja ditambahkan pengantaran barang yang memiliki massa lebih besar seperti kargo, dll.

Strengths : Fitur baru yang ditambahkan dalam pengantaran same-day yaitu, fitur automated sorting dan real-time mapping.

Weaknesses : Saingan yang banyak dan nama-nama yang sudah besar seperti JNE, Grab, Gojek, dll membuat kompetisi lebih berat walaupun ada fitur unik yang ditambahkan.

Opportunities: Peluang menarik tenaga kerja dan pelanggan, terutama pelanggan online yang menggunakan jasa pengiriman seperti Gojek, Grab, JNE, dll.

Threats:  Saingan yang berat dari nama-nama besar membawa ancaman. 

SO (Strengths-Opportunites): Dengan adanya kedua fitur tersebut diharapkan akan membawa kemudahan dan kenyamanan bagi pihak driver dan juga pembeli. Driver akan diuntungkan dengan adanya automated sorting dan fitur real-time mapping, driver akan mendaparkan set paket yang sudah tersortir sehingga jarak perjalanan terminimalisir, lalu fitur real-time mapping yang dapat membantu driver mendapatkan rute alternatif yang lebih cepat, contohnya ketika ada kemacetan di rute awal maka driver akan diberi notifikasi dan akan diberikan rute alternatif jika rute alternatif tersebut lebih cepat. Sementara keuntungan yang didapat pembeli yaitu, pembeli akan diberi tahu estimasi barang sampai karena driver sudah diberi tujuan awal sampai akhir dan sudah dihitung jarak dan estimasi waktu sampainya barang.

ST (Strengths-Threats): Dengan adanya kedua fitur tersebut, ancaman seperti nama brand yang masih kecil ditengah-tengah nama-nama besar akan berkurang, karena pasti banyak pembeli yang ingin tahu kapan estimasi jam barang sampai, bukan tahu hari sampainya saja.

WO (Weaknesses-Opportunities): Walaupun bisnis ini masih kecil, di negara Indonesia masih banyak pengangguran, oleh karena itu dengan adanya bisnis ini akan terbuka lowongan pekerjaan sehingga bisnis dapat bertumbuh perlahan-lahan.

WT (Weaknesses-Threats): untuk meminimalkan ancaman bisnis ini harus menarik kepercayaan orang-orang terlebih dahulu dan juga membesarkan nama brand dengan cara promosi, memberikan promo, dan juga membuka event di tempat-tempat ramai. Strategi ini membutuhkan dana yang besar diawal dan akan menyebabkan kerugian diawal tetapi diharapkan dengan semakin banyaknya orang yang percaya terhadap kurir ini, proyeksi tahun ke tahun nya akan semakin membaik.



Comments

Popular posts from this blog

Grand Launching PPUMI & Gerakan Satu Juta Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMKM

Tutorial cara membuat Business Model Canvas bisnis ekspedisi

Visi & Misi Pribadi